Cara Sederhana Ini Dapat Membantu Mengatasi Bau Mulut Meskipun Tanpa Sikat Gigi

cara mengatasi bau mulut tanpa sikat gigi

Mengatasi bau mulut – Kebanyakan orang akan melakukan sikat gigi untuk mengusir bau mulut. Akan tetapi bila Anda sedang dalam bepergian jauh misalnya, tentu tidak mungkin untuk melakukan sikat gigi. Jangan biarkan bau mulut ini justru mengganggu rasa percaya diri Anda. Sebenarnya ada cara yang sederhana yang bisa di lakukan untuk menghilangkan bau mulut walaupun tanpa dengan sikat gigi.

Meskipun dengan cara sederhana, tapi trik ini membantu mengatasi bau mulut meskipun tanpa sikat gigi. Trik ini bisa di lakukan di mana saja saat Anda lupa membawa sikat gigi atau saat dalam perjalanan jauh.

Trik ampuh mengatasi bau mulut, apabila tidak ada sikat gigi

1.Minum air putih yang banyak

Pada saat Anda bangun tidur pasti merasakan bau yang tidak sedap pada mulut. Kenapa ini bisa terjadi? Semua orang pasti mengalaminya, ini karena pada saat tidur produksi air liur berkurang. Ini menyebabkan pertumbuhan bakteri, dan kemudian menghasilkan senyawa sulfur sehingga menyebabkan aroma tak sedap dari mulut.

Dengan cara sederhana untuk mengatasi bau mulut ini yaitu dengan banyak minum air putih, terlebih saat Anda baru bangun tidur. Pasalnya, bakteri penyebab napas Anda berbau tidak sedap mempunyai sifat anaerobik, artinya bakteri ini akan tumbuh subur dalam suasana mulut yang kering.

Maka dari itu, air putih berperan untuk menyeimbangkan sekaligus membasahi area dalam mulut Anda. Dan berguna mengatasi pertumbuhan bakteri di dalamnya.

2. Kunyah permen karet rasa mint

Mengunyah permen karet dapat menjadi salah satu solusi cepat dalam mengatasi bau mulut disaat Anda tidak membawa sikat gigi. Sebaiknya, pilihlah permen karet dengan rasa mint, dan hindari permen karet yang rasanya manis. Sebab, bakteri yang ada di dalam mulut dapat memakan kandungan gula yang terdapat dalam permen karet yang manis, sehingga kemudian ini menghasilkan asam dalam mulut.

Kondisi asam pada mulut tersebut dapat menimbulkan kerusakan pada enamel gigi sekaligus menyebabkan aroma yang dikeluarkan napas menjadi bau dan tidak sedap.

3. Gunakan obat kumur

Menggunakan obat kumur atau mouthwash dapat menjadi pertolongan pertama untuk membersihkan area di dalam mulut jika tidak membawa sikat gigi. Selain menyegarkan juga ampuh menjaga aroma napas karena adanya kandungan rasa mint di dalamnya. Obat kumur ini juga dapat memberi perlindungan ekstra dalam menyingkirkan bakteri di dalam mulut.

Pastikan Anda menggunakan obat kumur yang mempunyai kandungan zat aktif. Ini dilakukan untuk mendapatkan hasil yang baik agar dapat membasmi bakteri penyebab bau mulut, sehingga bisa mengurangi aroma napas yang bau dan tidak sedap.

4. Membersihkan lidah

Bersihkan lidah Anda menggunakan alat penggosok lidah. Pada lidah menyimpan banyak bakteri yang tersembunyi, ini menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Maka dari itu, dengan menggunakan alat pembersih lidah ini akan mengusir dan mengatasi bau mulut.

Dengan cara hanya menggosok dari bagian pangkal lidah yang paling dalam, lalu tarik hingga ke arah depan lakukan berulang kali sampai lidah terlihat bersih. Kemudian berkumur selama beberapa kali, Lidah Anda pun akan terlihat bersih dan segar, bau mulut juga akan hilang.

5. Makan buah buahan

Buah buahan sangat banyak manfaatnya, selain untuk memperlancar metabolisme dalam tubuh, ternyata buah juga bisa berperan untuk menghambat aktivitas bakteri yang menyebabkan bau mulut. Seperti buah apel, kandungan polifenol sangat ampuh membasmi bakteri di dalam mulut. Seperti senyawa belerang yang bau pada mulut.

Contoh Buah jenis lain yang kaya dengan vitamin C seperti jambu, jeruk, anggur, dan stroberi juga dipercaya menghasilkan asam pada mulut serta berguna mencegah bakteri yang berkembang biak.

Pada dasarnya, semua jenis buah- buahan yang kaya akan berbagai vitamin dan nutrisi ini adalah cara praktis dan sederhana untuk menghilangkan serta mengatasi bau mulut. Dengan mengunyah buah-buahan maka mulut akan memproduksi lebih banyak air liur. Dengan demikian secara perlahan akan mengatasi bau mulut.

6. Makan yogurt

Yogurt bisa memperlancar kerja sistem pencernaan kita. Tidak hanya itu, untuk Anda yang mengalami gangguan bau mulut, yogurt ini dapat menjadi pilihan salah satu camilan atau minuman terbaik.

Karena, yogurt mempunyai kandungan probiotik yang ampuh menyingkirkan bakteri jahat di mulut. Selain itu juga bisa menurunkan jumlah hidrogen sulfida yang dihasilkan oleh bakteri, yang mengakibatkan adanya bau khas dari mulut Anda.

Pilihlah yogurt yang tanpa rasa, jangan pilih yang rasa cokelat atau buah- buahan karena kandungan gulanya bisa berlebihan.

7. Hindari makanan yang menghasilkan sumber bau mulut

Banyak orang yang tak menyadari, kadang ada beberapa makanan yang enak yang bisa menjadi sumber bau mulut. Seperti contohnya jengkol, petai, bawang merah, bawang putih, bawang bombai. Meskipun Anda berkumur dengan mouthwash atau dengan menggosok gigi pun tidak akan mampu membantu menyegarkan napas anda, karena senyawa makanan tersebut sangat kuat dan bertahan di mulut, dan masuk ke aliran darah dan paru- paru.

Jadi jika Anda sedang tidak membawa sikat gigi, hindari makanan yang berbau menyengat yang menyebabkan bau mulut Anda.

Untuk perhatian, bahwa cara di atas hanya dilakukan sebagai pertolongan pertama pada keadaan darurat, seperti saat melakukan perjalanan. Tips-tips ini tidak bisa menggantikan pentingnya sikat gigi secara tepat. Semoga cara sederhana ini dapat membantu mengatasi bau mulut meskipun tanpa sikat gigi, semoga bermanfaat.

sumber : hellosehat.com

This article was last modified on 15 November 2018 1:31 pm

ebleh wases :Anak kampung yang suka mencari informasi